25 July 2020

Menhan Kembangkan Nuklir Gandeng Amerika

Kepala Balitbang Kemhan Anne Kusmayati dengan Kepala Perwakilan ThorCon International Pte Ltd Bob S Effendi (Foto: dok. istimewa) Kepala Balitbang (Foto: Istimewa) Kemhan Anne Kusmayati dengan Kepala Perwakilan ThorCon International Pte Ltd Bob S Effendi

DUTA, Jakarta¬†–¬†Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto¬†berencana mengembangkan nuklir Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan adanya penandatanganan MoU antara Balitbang Kemhan dengan ThorCon International Pte Ltd terkait pengembangan teknologi Thorium Molten Salt Reactor (TMSR).

Dilansir Detik, Penandatanganan MoU dilakukan oleh Kepala Balitbang Kemhan Anne Kusmayati dengan Kepala Perwakilan ThorCon International Pte Ltd Bob S Effendi. Penandatanganan MoU dilakukan di gedung Abdulrachman Saleh, Balitbang Kemhan, Jalan Jati, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Rabu (22/7).

Dalam sambutannya, Anne mengatakan pengembangan elemen kimia torium ini sejalan dengan kebijakan Kementerian ESDM. Dia mengatakan pengembangan nuklir ini adalah bagian dari perencanaan strategis Kemhan 2020-2024.

“Keberadaan litbang pengembangan daya berbasis torium di Balitbang Kemhan telah sejalan dengan kebijakan Kementerian ESDM (Keputusan Menteri ESDM No. 39K/20/MEM/2019 Tentang RUPTL Tahun 2019-2028) yang mengamanatkan perlunya langkah nyata menyiapkan proyek pembangunan PLTN, mengingat sumber energi fosil semakin langka dan pertimbangan masa pembangunan PLTN yang sangat lama,” kata Anne dalam keterangan tertulis ThorCon International yang diterima, Jumat (24/7/2020).

“Sehingga program litbang pengembangan daya berbasis torium yang telah dimulai pada TA 2019 dan akan berlangsung hingga Renstra (Perencanaan Strategis) 2020-2024 dan mungkin dapat berlanjut merupakan bentuk upaya Kementerian Pertahanan menjadi inisiator atau pengungkit dalam penguasaan teknologi nuklir generasi ke-4 yang memanfaatkan torium yang tersedia melimpah di Indonesia,” sambungnya.

0 0 vote
Article Rating
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] DUTA, Jayapura – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebutkan pemerintah pusat menaruh perhatian besar pada pembangunan di Papua di mana otonomi khusus diperlukan untuk mempercepat prosesnya. […]

YouTube
YouTube
Instagram