2 September 2020

Dari Sumut Hingga Papua, KEMENHUB Bangun 16 Bandara di 2021

DUTA – Jakarta, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana membangun 16 bandara strategis nasional pada 2021 mendatang. Hal itu dipaparkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di sela rapat kerja bersama Komisi V DPR RI, Rabu (2/9/2020).

Dilansir CNBC Bandara-bandara yang akan dibangun ini tersebar dari Sumatera hingga Papua. Budi Karya Sumadi bilang, total anggarannya sebesar Rp 1,6 triliun.

“Pembangunan 16 bandara strategis dengan anggaran Rp1,6 triliun di Sumatra, Jawa, NTT, Kalimantan, Sulawesi, dan banyak di Papua,” kata Budi Karya di Komisi V DPR, Rabu (2/9/2020).

Secara perinci, bandara yang dibangun di Pulau Sumatera, yakni Bandara Sibisa Parapat, Sumatera Utara dengan anggaran Rp 85 miliar. Selanjutnya Bandara Sibisa Sei Bati, Tanjung Balai Karimun dengan anggaran Rp 22 miliar.

Lalu Bandara Mandailing Natal, Sumut sendiri Rp 75 miliar. Kemudian Bandara Mentawai, Sumbar anggaran Rp 175 miliar. Bandara Atung Bungsu, Pagar Alam senilai Rp 15 miliar, dan Bandara Gatot Subroto, Lampung Rp 55 miliar.

Adapun bandara strategis di Pulau Jawa yakni Bandara Ngloram Cepu Jawa Tengah, dengan anggaran Rp 65 miliar. Selain itu, di Pulau Kalimantan ada Bandara Singkawang, Kalbar dengan biaya Rp 100 miliar.

Di NTT, Kemenhub berencana mengembangkan Bandara Komodo, Labuan Bajo dengan anggaran Rp 80 miliar. Ada pula Bandara di Sulawesi Selatan, Buntukunik Tana Toraja dengan anggaran Rp 80 miliar.

Di Pulau Papua Bandara Rendani Manokwari bakal dibangun dengan anggaran Rp 85 miliar. Selanjutnya Bandara Anggi dengan dana Rp 26 miliar, Bandara Siboru Fak-fak sebesar Rp 307,5 miliar. Selanjutnya Bandara Nabire Baru, Papua, beranggaran Rp 345,9 miliar. Lalu Bandara Illaga, senilai Rp 47 miliar dan terakhir Bandara Ewer anggarannya Rp 82 miliar.

Budi Karya menjelaskan, proyek bandara ini diharapkan turut serta memulihkan ekonomi pada 2021 akibat dampak pandemi Covid-19.

“Untuk mendukung itu, kami berkontribusi dengan meningkatkan kinerja pelayanan dasar dan pembangunan infrastruktur,” imbuhnya.

YouTube
YouTube
Instagram