5 November 2021

Iptu Sartono Polisi Dengan Bakat Unik Disebut Dalang Wakultas

Iptu Sartono “DALANG” Wakultas ( Wayang Kulit Lalu Lintas ) cara unik dan menarik edukasi masyarakat tertib lalu lintas. Setiap orang mendambakan berlalu lintas secara aman dan nyaman, hal tersebut dapat terwujud apabila seluruh pengguna jalan selalu mematuhi aturan berlalu lintas sehingga orang lain tidak terganggu oleh perbuatan oknum yang tidak betanggung jawab.
Berbagai upaya untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar tertib berlalu lintas terus menerus dilakukan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia diseluruh nusantara.
Cara menarik dan unik mengedukasi masyarakat untuk tertib lalu lintas di wilayah Jombang dilakukan oleh Iptu Sartono Perwira Lantas Jombang yang menjabat sebagai Kaurbinops Satlantas Polres Jombang dengan menggunakan media wayang.
“ Saya melihat masyarakat Jawa Timur yang sangat familier dengan kesenian wayang, merasa kesenian ini bisa menjadi media yang lebih efektif untuk menyampaikan pesan-pesan keselamatan lalu lintas “, ujar Iptu Sartono

Dengan blangkon di kepala, bersabuk putih sang KBO Lantas Aiptu Sartono nampak piawai memainkan tokoh wayang kulit Gareng di hadapan para pengguna jalan, sosok Gareng yang digambarkan tengah mengendarai sepeda motor itu mencoba menyampaikan banyak hal terkait keselamatan di jalan raya, seperti bahaya menggunakan ponsel saat berkendara, pentingnya memakai helm, pengetahuan tentang rambu lalu lintas, hingga yang terbaru larangan belok kiri di persimpangan tanpa rambu tambahan.
Wayang Kulit Lalu Lintas (Wakultas), begitulah sebutannya. “Kami harapkan bisa menyampaikan pesan-pesan lebih efektif terkait pentingnya keselamatan di jalan, pengguna jalan itu tidak boleh main-main berkendara, aturan dan etika untuk keselamatan harus dipatuhi masyarakat,” terangnya.
Pantauan kontributor, Wakultas yang disuguhkan polisi ini sukses menarik perhatian para pengguna jalan di simpang 4 Kebonrojo, warga pengguna jalan nampak antusias menyimak imbauan-imbauan yang dilontarkan oleh Aiptu Sartono, Tak sedikit yang tersenyum melihat tingkah lucu tokoh Gareng.

Iptu Sartono Dkk

“Ini (Wakultas, red) cara yang unik sekali, saya jadi menyimak apa yang disampaikan pak polisi tadi,” ungkap Rony Suhartono, salah seorang pengguna jalan.

YouTube
YouTube
Instagram